Welcome to Seeingtheworldspot

Share |

Sebuah bintang yang memiliki inti berupa permata terbesar di alam semesta

BPM 37093 Bintang Batu Permata Terbesar Di Alam Semesta

BPM 37093
BPM 37093, Source: Source: Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics / Travis Metcalfe, Ruth Bazinet


Ditemukan sebuah bintang yang memiliki inti berupa permata/berlian terbesar di alam semesta ( jagat raya) yang diketahui manusia, dengan diameter 2.500 mil. Bintang tersebut ditemukan di gugusan bintang
Centaurus dan berjarak 50 tahun cahaya (500 triliun km) dari bumi. Berat dari permata tersebut diperkirakan 2.270 triliun ton itu adalah sekitar 10 triliun triliun karat atau 10 dipangkatkan 34 karat. Permata yang paling besar di dunia yaitu hanya sekitar 530 karat yang merupakan bagian dari mahkota Inggris.
Namun permata ini tersembunyi di bawah lapisan gas hidrogen dan helium, dengan inti permata sekitar 50-90 massa bintang. Banyak orang yang menyebut bintang tersebut sebagai
Lucy sebuah nama yang diambil dari lagu the Beatles “Lucy in the Sky With Diamonds.”. Bintang tersebut secara resmi bernama BPM 37093 yang mulai diamati sejak tahun 1960-an.


Pada tahun 2004,
Travis Metcalfe dan tim peneliti di Harvard. Smithsonian Center for Astrophysics melakukan penelitian estimasi, berdasarkan pengamatan asteroseismological, bahwa sekitar 90% dari 37.093 massa BPM telah mengkristal. Bintang tersebut saat ukurannya seperti matahari kemudian berubah struktur inti karena kehabisan bahan bakar nuklir dan mati.
Jutaan tahun yang lalu BPM 37093 seterang matahari kita, namun sekarang cahanya tinggal 0.06 % dibandingkan cahaya matahari kita. Hal yang sama juga akan terjadi pada matahari kita sekitar 5 milyar tahun lagi dimana matahari juga akan kehabisan bahan bakar yang akhirnya bernasib seperti BPM 37093.

Sumber :
www.adipedia.com

0 komentar:

Share |

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Copyright © 2009 - Seeingtheworldspot - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template